Sabtu, 19 November 2011

Contoh surat permohonan kepada Bupati


Kepada Yang Terhormat :
Bapak Bupati Kab. Sumenep
Cq. Kepala BAPPEDA Kab. Sumenep
Di -
SUMENEP


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam silaturrahmi kami sampaikan, Semoga bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan selalu sukses melaksanakan aktivitas sehari-hari. Amin.

Selanjutnya, sehubungan dengan, Jurusan Tarbiyah Pendidikan Agama Islam (PAI). Maka kami bermaksud memohon bantuan dana pendidikan untuk menunjang pembiayaan pendidikan kami. Karena tanpa bantuan dari Bapak kami akan merasa kesulitan untuk memenuhi beban biaya yang kami butuhkan. sebab dalam kondisi ekonomi keluarga kami yang menengah ke bawah, biaya tersebut terasa sangat besar.

Sebagai bahan pertimbangan, kami lampirkan hal-hal sebagai berikut:

1.      Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kepala Desa
2.      Surat Keterangan Tidak Sedang Menerima Beasiswa atau Aktif Kuliah
3.      Surat permohonan kepada Bupati
4.      Foto copy KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
5.      KK (Kartu Keluarga)
6.      KHS (Kartu Hasil Studi)
7.      Foto copy KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Demikian surat permohonan dana pendidikan ini kami buat, atas perhatian bapak kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarkatu.





Sumenep, 11 Nopember 2011
Pemohon



Ainur Rohman
NIM. 18 2010 01 01 0049





Tembusan:
  1. Kepada Bupati Sumenep.
  2. Kepala BAPPEDA Sumenep.

PROPOSAL
BANTUAN DANA PENDIDIKAN
JURUSAN TARBIYAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKASAN

 


A.    DASAR PEMIKIRAN
Pendidikan merupakan bagian integral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, oleh karena itu, pendidikan merupakan suatu keharusan bagi manusia sebagai pengembangan individu baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan. Dengan pendidikan diharapkan mampu memberikan perubahan (agen of change) terhadap bangsa dan Negara dan juga sebagai control bagi kehidupan social (agen of Cocial control) serta menjadi panutan bagi kehidupan bangsa dan Negara.
Dalam kebijakan pembangunan pendidikan telah digariskan bahwa pendidikan adalah bagian yang sangat vital dalam kehidupan manusia, baik dibidang pemerintahan, ataupun pembangunan bangsa dan Negara. Terkait dengan tujuan pendidikan pada umumnya, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Pemikiran yang ada kaitannya dengan pendidikan seperti tersebut di atas, secara implisit telah menjadi tujuan intruksional yang termaktub dalam pasal 8 keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 026 tahun 2003 yang berbunyi:
1.      Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang beriman dan bertaqwa serta menerapkan, mengembangkan, dan/atau menciptakan teknologi yang berdasarkan ajaran agama.
2.      Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan keislaman, teknologi dan seni yang berdasarkan ajaran agama Islam serta mengupayakan penggunaan untuk pemberdayaan potensi serta kehidupan masyarakat dan memperkaya budaya nasional.       
Namun pendidikan sekarang telah menjadi tantangan besar bagi warga Negara Indonesia, dengan mahalnya biaya pendidikan banyak rakyat Indonesia tidak bisa melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi lantaran keterbatasan biaya untuk pendidikan. Sehingga banyak generasi bangsa yang menjadi pengangguran (krisis pengetahuan). Kondisi inilah harus diperhatikan karena setiap warga Negara Indonesia pada umumnya berhak mendapatkan pengajaran yang sama dalam kehidupannya.
Melihat kondisi ekonomi bangsa yang terjadi saat ini implikasi yang terjadi sangat berpengaruh terhadap kelancaran dan proses studi yang sedang berlangsung (terutama perekonomian rakyat). Berangkat dari kendala ini perlu adanya dukungan dana bantuan pendidikan untuk pengembangan SDM bagi generasi bangsa khusunya pemuda (Mahasiswa) untuk bisa menyelesaikan program pendidikan sampai ke jenjang S1 (Strata 1) baik bantuan dana pendidikan maupun lainnya akan dapat membantu terhadap kelancaran proses pendidikan yang sedang berlangsung.
B.     PROGRAM GELAR YANG DIMINATI
Program yang diminati untuk disiplin ilmu yang pemohon sedang geluti adalah Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Pamekasan.

C.    KEBUTUHAN ANGGARAN STUDI
Kebutuhan anggaran yang dibutuhkan dalam pendidikan S1 (Strata 1) pada Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Pamekasan dukungan dan pengertian Bapak, sehingga cita-cita kami inginkan dapat tercapai, atas perhatian dan berkenan Bapak kami ucapkan terima kasih.

D.    PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya dengan harapan ada dukungan dan pengertian Bapak, sehingga cita-cita kami inginkan dapat tercapai. Atas perhatian dan perkenaan Bapak kami haturkan terima kasih.








Sumenep, 11 November 2011
Pemohon




Ainur Rohman
          NIM. 18 2010 01 01 0049





















Lampiran 1:

1.      Registrasi 2 Semester @ Rp. 615.000                                          Rp.    1.230.000,-
2.      Pembelian Buku                                                                            Rp.    1.500.000,-
3.      Biaya Transportasi                                                                        Rp.       500.000,-
4.      Uang kost 2 Semester @ Rp. 200.000,-                                        Rp.      400.000,-         Jumlah                                                                                         Rp.    3.630.000,-











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar